Desa Pagarawan Kembangkan Potensi Tambak Ikan dan Buat Lokasi Pemancinngan

Kepala Desa Pagarawan (AHMAD ZAINUDIN)

BANGKAPOS.COM — Pemerintah Desa Pagarawan saat ini sedang fokus untuk melakukan pengembangan potensi pertanian, perikanan dan budidaya jamur tiram.

Kepala Desa Pagarawan, A Zainudin mengatakan, Pemerintah Desa memiliki kerjasama dengan Universitas Bangka Belitung dalam hal kerjasama budidaya ikan di dalam tambak milik Desa.

“Kita memiliki kerjasama dengan UBB, usaha kerjasama dalam hal kelompok Budidaya Ikan, yang dikelola oleh Karang Taruna Desa Pagarawan dengan pihak perguruan Negeri tersebut,”jelas Zainudin kepada wartawan, Minggu (17/3/2019).

 Ia menambahkan, tambak ikan milik Desa berada di belakang Pasar Pagarawan, terdapat tujuh kolam didalam satu satu tambak.

“Sekarang ini Desa memiliki tambak letaknya di belakang Pasar Pagarawan, ada tujuh kolam di dalam satu wilayah, nanti juga rencana kita akan buat terpadu, dalam satu tempat ada pemancingan, mainan anak dan budidaya ikan,”lanjutnya

Tambak atau tempat wisata terpadu itu akan dikelola oleh BUMdes Desa, yang akan berbagi hasil dengan Pemerintah Desa dalam upaya meningkatkan pendapatan Desa Pagarawan.

“Kita baru merintis, karena pada tahun 2016 kita beli lahanya, 2017 kita mencari potensinya dan 2018 kita buat tambak budidaya termasuk melakukan pengadaan dan kerjasama, lalu pada tahun ini kita lebih ke penyediaan fasilitas serta biaya pendukung lainya,”katanya

Ia mengharapkan dari hasil usaha tambak ikan nantinya, selain dijual pihak Pemdes juga ingin, bercita cita membuat restoran tambak, yang ikanya langsung tersedia didalam tambak tersebut.

“Rencana ikan membuat rumah makan hasilnya dari tambak itu sendiri konsepnya sepeti, karena ada berbagai macam ikan didalamnya, seperti nila, bandeng dan patin, selain ada wahana lain seperti tempat pemancingan, dan permainan anak,”harapnya

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Desa Pagarawan Kembangkan Potensi Tambak Ikan dan Buat Lokasi Pemancingan, http://bangka.tribunnews.com/2019/03/17/desa-pagarawan-kembangkan-potensi-tambak-ikan-dan-buat-lokasi-pemancingan.
Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti

About Setia Ariska

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*