Tingkatkan PAD Desa, Pemdes Pagarawan Kelola Kolam Pancing

Pemerintah desa (Pemdes) Desa Pagarawan berupaya meningkatkan pendapatan desa, salah satu caranya dengan membuka kolam pemancingan di belakang Pasar Desa Pagarawan.(wb)

MERAWANG,www.wowbabel.com — Pemerintah desa (Pemdes) Desa Pagarawan berupaya meningkatkan pendapatan desa, salah satu caranya dengan membuka kolam pemancingan di belakang Pasar Desa Pagarawan.

Sejak dibuka awal Maret lalu, kolam pemancingan yang berisi ikan nila, bandeng serta patin ramai dikunjungi warga, terutama mereka yang hobi memancing.

Pengurus Kolam Pancing, Muklis, menuturkan jika kolam pemancingan berawal dari adanya kerja sama Universitas Bangka Belitung dengan Pemerintah Desa Pagarawan dalam hal budidaya ikan air tawar di tambak.

” Sebelum pemancingan, ini kolam budidaya ikan air tawar mahasiswa perikanan UBB ,  sekarang telah diserahkan ke pihak desa. Namun masih terbuka buat penelitian bagi mahasiswa perikanan UBB ,” ungkap Muklis, Minggu (24/3/2019)

Untuk dapat mancing di kolam pemancingan Desa Pagarawan tersebut, pemancing dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000 per jam, serta sebungkus umpan.

“Tadinya kami buka tiga jam Rp 10.000 dan tidak menyediakan umpan, namun sekarang biayanya Rp 5.000 dan free umpan,” tutur Mukhlis.

Bagi para pemancing yang ingin membawa hasil pancingannya cukup membayar Rp 25.000 per kilogram untuk ikan patin, Rp 35.000 per kilogram untuk ikan nila dan Rp 30.000 untuk ikan bandeng.

Selain sebagai tempat menyalur hobi para penggila mancing, kolam pemancingan yang berada di tengah desa menjadi salah satu tempat hiburan warga.

Dengan adanya tambak , yang juga kolam pemancingan desa ini, Yuni, salah satu warga desa Pagarawan , mengaku senang dan terhibur.

“Alhamdulillah, ada pemancingan, ada hiburan buat kami. Tidak perlu jauh-jauh ke pantai , atau alun alun. Di sini juga sudah ada hiburan, biayanya juga murah,” tuka Yuni.(*)

Copyright : https://www.wowbabel.com/2019/03/25/tingkatkan-pad-desa-pemdes-pagarawan-kelola-kolam-pancing?jump=1500

About Setia Ariska

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*